Wednesday, December 7, 2011

Berawal Dari Tarbiyah

Membayangkan kehidupan selama hampir satu bulan di pulau seberang sempat membuat saya khawatir. Bagaimanakah biaya hidup dan sosiokultur masyarakat di sana? Beruntung dalam pesawat yang membawa saya ke kota tujuan, saya berkenalan dengan seorang ummahat, "ahlan wa sahlan," katanya sembari melukis senyuman di wajah teduhnya.

Obrolan pun mengalir hingga kami bertukar nomor telepon. Dan sebelum take off dan handphone dimatikan, saya mendapati ibu itu menghubungi kawannya. "ini ada dua akhwat dari Jakarta bla bla bla," katanya. MasyaAllah, (mungkin) hanya dengan melihat jilbab saya yang terjulur menutup dada, begitu loyalnya ia dalam memberikan bantuan.

Alhamdulillah. Perjalanan hari ini dihiasi kemudahan melalui orang-orang baik yang bahkan belum pernah dikenal sebelumnya. Dan mengingat kejadian di pesawat pagi tadi entah mengapa membuat saya teringat sebuah ungkapan: "Tarbiyah bukan segalanya, tapi segalanya bermula dari tarbiyah".

Kwandang,
7 Des 11 pk. 22.55 wita

#EpisodeGorontalo

No comments: